Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 rem cakram

Go down 
PengirimMessage
NOOR EFENDY



Jumlah posting : 11
Join date : 28.09.12

PostSubyek: rem cakram   Wed Nov 20, 2013 1:26 pm


1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )



1.1. Cakram penuh

Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
Pendinginan cukup
Harga Murah



1.2. Cakram dengan rusuk pendingin

Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
Pendinginan lebih baik
Harganya Mahal

2. Macam – Macam Kaliper

2.1. Kaliper tetap


Kaliper terpasang mati pada aksel
Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja

Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi


Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman



Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip_image001[4] terjadi pengereman

2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 Keterangan :

Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem

3. Kaliper berayun

Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem

rem1

Konstruksi :

Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
Unit kaliper terpasang pada pusat putar
Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak

Cara kerja :

Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip_image001[4] unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip_image001[4] cakram terjepit clip_image001[4]terjadi pengereman

Penyetelan Rem Cakram

rem1

Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip_image001[4] gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip_image001[4] torak slip tehadap sil

Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )

rem1

Tekanan cairan rem hilang
Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm

Keterangan :

Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :

Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik



1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )

clip_image002[9]

1.1. Cakram penuh

Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
Pendinginan cukup
Harga Murah

clip_image002[11]

1.2. Cakram dengan rusuk pendingin

Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
Pendinginan lebih baik
Harganya Mahal

2. Macam – Macam Kaliper

2.1. Kaliper tetap

clip_image002[13]

Kaliper terpasang mati pada aksel
Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja

Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi

2.2. Kaliper Luncur Satu Torak

rem1

Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman

2.2. KaliperLluncur Dua Torak

rem1

Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip_image001[4] terjadi pengereman

2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 Keterangan :

Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem

3. Kaliper berayun

Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem

rem1

Konstruksi :

Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
Unit kaliper terpasang pada pusat putar
Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak

Cara kerja :

Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip_image001[4] unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip_image001[4] cakram terjepit clip_image001[4]terjadi pengereman

Penyetelan Rem Cakram

rem1

Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip_image001[4] gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip_image001[4] torak slip tehadap sil

Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )

rem1

Tekanan cairan rem hilang
Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm

Keterangan :

Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :

Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik




1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )

clip_image002[9]

1.1. Cakram penuh

Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
Pendinginan cukup
Harga Murah

clip_image002[11]

1.2. Cakram dengan rusuk pendingin

Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
Pendinginan lebih baik
Harganya Mahal

2. Macam – Macam Kaliper

2.1. Kaliper tetap

clip_image002[13]

Kaliper terpasang mati pada aksel
Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja

Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi

2.2. Kaliper Luncur Satu Torak

rem1

Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman

2.2. KaliperLluncur Dua Torak

rem1

Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip_image001[4] terjadi pengereman

2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 Keterangan :

Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem

3. Kaliper berayun

Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem

rem1

Konstruksi :

Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
Unit kaliper terpasang pada pusat putar
Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak

Cara kerja :

Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip_image001[4] unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip_image001[4] cakram terjepit clip_image001[4]terjadi pengereman

Penyetelan Rem Cakram

rem1

Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip_image001[4] gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip_image001[4] torak slip tehadap sil

Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )

rem1

Tekanan cairan rem hilang
Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm

Keterangan :

Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :

Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik






" Macam – Macam Cakram ( Piringan )clip_image002[9]1.1. Cakram penuhDigunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengahPendinginan cukupHarga Murahclip_image002[11]1.2. Cakram dengan rusuk pendinginDigunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggiPendinginan lebih baikHarganya Maha"Crying or Very sad Evil or Very Mad farao farao silent Arrow Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad Evil or Very Mad Surprised Surprised Surprised Surprised Sad Sad Mad Mad Mad Mad Very Happy Very Happy farao farao  Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Cool Laughing Mad Razz Embarassed Crying or Very sad Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Arrow Neutral What a Face Like a Star @ heaven Suspect I love you No @ cyclops clown pirat tongue silent pale alien cat monkey pig rabbit bounce confused affraid Basketball cheers bom drunken Sleep sunny albino cherry santa rendeer farao king queen jocolor geek scratch study elephant flower afro lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
M_yusuf



Jumlah posting : 9
Join date : 10.10.12

PostSubyek: Re: rem cakram   Wed Nov 20, 2013 1:43 pm

Sebutkan fungsi rem cakram dan bagian-bagian dari rem cakram??????????
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
NOOR EFENDY



Jumlah posting : 11
Join date : 28.09.12

PostSubyek: Re: rem cakram   Wed Nov 20, 2013 1:48 pm

sama seperti rem trumol yaitu untuk memperlambat laju kendaraan dan kompunitnya suda jelas saya
terangkan di asas .Razz 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
M_yusuf



Jumlah posting : 9
Join date : 10.10.12

PostSubyek: Re: rem cakram   Wed Nov 20, 2013 2:04 pm

Bagaimana cara kerja rem cakram??????
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
NOOR EFENDY



Jumlah posting : 11
Join date : 28.09.12

PostSubyek: Re: rem cakram   Wed Nov 20, 2013 2:07 pm

Cara kerja

Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi


Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman



Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram




Very Happy Smile Sad Surprised Shocked Cool Laughing Mad Razz Embarassed Crying or Very sad Evil or Very Mad Twisted Evil Rolling Eyes Wink Exclamation Question Idea Arrow Neutral What a Face Like a Star @ heaven Suspect I love you No @ cyclops clown pirat tongue silent pale alien cat monkey pig rabbit bounce confused affraid Basketball cheers bom drunken Sleep sunny albino cherry santa rendeer farao king queen jocolor geek scratch study elephant flower afro lol!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Agung Nugroho wiranto

avatar

Jumlah posting : 19
Join date : 26.09.12
Age : 21
Lokasi : sekolah di smk 2 kandangan

PostSubyek: bertanya   Wed Nov 20, 2013 9:53 pm

bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan pada caliper rem cakram ?
adakah jenis" caliper rem cakram ?affraid 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://agungnugrohowiiranto.blogspot.com
Sponsored content




PostSubyek: Re: rem cakram   

Kembali Ke Atas Go down
 
rem cakram
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» For Sale: Xena, gembok cakram alarm motor terbaik, gak pake ribet!
» Cakram depan bunyi bergesek dan lampu belakang rem nyala terus
» Rem cakram belakang
» piringan cakram KOSO
» tlg saran piringan cakram

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: