Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 REM CAKRAM

Go down 
PengirimMessage
rahmadhidaya_tkr2



Jumlah posting : 11
Join date : 09.06.13

PostSubyek: REM CAKRAM   Mon Nov 18, 2013 7:53 pm

REM CAKRAM (DISC BRAKE)
1. Konstruksi
Rem cakram terdiri dari komponen komponen seperti berikut.
(1) Caliper rem cakram (Disc brake caliper)
(2) Bantalan rem cakram (Disc brake pad)
(3) Rotor rem cakram (Disc brake rotor)
(4) Piston
(5) Cairan/pelumas (Fluid)

2. Pengoperasian
Rem cakram mendorong piston dengan m enggunakan tekanan hidrolik yang dikirim melalui jalur rem dari master cylinder untuk membuat bantalan rem cakram menjepit kedua sisi rotor rem cakram dan menghentikan ban berputar. Karena rotor rem cakram dan bantalan rem cakram saling menggesek, maka terjadi panas akibat friksi tadi, tetapi, karena rotor rem cakram dan badan rem terbuka, panas friksi yang terjadi dapat dengan mudah menguap.


3. Penyetelan Rem (Brake Adjustment)
Karena celah rem disesuaikan secara otomatis oleh penutup piston (karet), sehingga celah rem tidak perlu disesuaikan dengan tangan. Ketika pedal rem ditekan, maka tekanan hidrolik akan menggerakkan piston dan mendorong bantalan rem cakram melawan rotor rem cakram.
Pada saat ini, piston bergerak sambil menyebabkan penutup piston berubah bentuk, dan saat pedal rem dilepaskan, penutup piston kembali ke bentuk semula, sehingga menggerakkan piston menjauhi bantalan rem cakram. Karenanya, walaupun bantalan rem cakram sudah aus dan piston bergerak, jumlah kembalinya piston selalu sama, sehingga celah antara bantalan rem cakram dan rotor rem cakram dipertahankan pada jarak yang konstan.

4. Penurunan cairan/pelumas rem
Jumlah cairan rem pada tangki reservoir rem menurun karena keausan dari bantalan rem cakram atau rem cakram lining. Karenanya, kondisi keausan dari bantalan rem cakram atau rem cakram lining dapat dihitung dengan mengecek tingkat cairan/pelumas di tangki reservoir. Karena diameter piston yang besar, keausan dari bantalan rem cakram berakibat pada penurunan tingkat cairan/ pelumas yang tajam di tangki reservoir.

5. Indikator keausan bantalan
Ketika bantalan rem cakram aus dan perlu diganti, indikator keausan bantalan rem cakram menghasilkan suara lengkingan tinggi untuk memberi peringatan pada pengemudi. Pada Corolla, peringatan ini terjadi saat ketebalan bantalan tepat 2.5 mm (0.098 in). Konstruksi dan Operasi rem cakram dapat dijelaskan dimana saat ketebalan bantalan berkurang menjadi kurang dari yang telah disebutkan diatas, maka indikator keausan bantalan, yang terdapat pada piringan belakang bantalan, berhungungan dengan rotor rem cakram dan mengeluarkan suara lengkingan saat mobil berjalan. Ada rem indikator keausan bantalan tipe sensor seperti yang terlihat pada gambar di bawah dimana ketika sensor tersebut aus bersama rem cakram, sirkuit sensor menjadi terbuka. ECU akan mendeteksi sirkuit yang terbuka tadi dan memberi peringatan kepada pengemudi.
lol! afro 
[Only admins are allowed to see this link]
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
M.zulfitri_tkr2



Jumlah posting : 9
Join date : 09.06.13

PostSubyek: Re: REM CAKRAM   Wed Nov 20, 2013 8:06 pm

Apakah piston rem bisa rusak ..? apabila bisa rusak bagai manakah cara memperbaikinya ..?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Agung Nugroho wiranto

avatar

Jumlah posting : 19
Join date : 26.09.12
Age : 21
Lokasi : sekolah di smk 2 kandangan

PostSubyek: bertanaya   Wed Nov 20, 2013 9:33 pm

caliper rem cakram
Kaliper rem merupakan bagian sistem rem yang tugasnya mencengkram disc motor adatu piringan cakram yang menyatu roda sehingga putaran roda bisa berhenti
adakah kelebihan dan kekurang fungsi caliper rem cakram ?
Arrow 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://agungnugrohowiiranto.blogspot.com
Agung Nugroho wiranto

avatar

Jumlah posting : 19
Join date : 26.09.12
Age : 21
Lokasi : sekolah di smk 2 kandangan

PostSubyek: bertanya   Wed Nov 20, 2013 9:40 pm

bagaimana bila kampas rem cakram aus dan dan tidAK bisa berfungsi sesuai standaarnya ?


Terakhir diubah oleh Agung Nugroho wiranto tanggal Wed Nov 20, 2013 10:10 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://agungnugrohowiiranto.blogspot.com
rahmadhidaya_tkr2



Jumlah posting : 11
Join date : 09.06.13

PostSubyek: jawab pertanyan M.Julfitri   Wed Nov 20, 2013 9:48 pm

kalau nya piston bisa rusak,


Piston kaliper macet. Sil bocor dan batang penahan tak lancar. Wah, ini bikin gerak maju-mundur kampas dan piston jadi abnormal alias enggak bisa maju-mundur secara otomatis.

Seringnya piston macet karena kotoran. Bisa karena ampas sepatu rem nempel, mengeras lalu jadi karat. Lebih parah jika kotoran masuk ke sil. Akibatnya sil bocor atau piston baret. Kalau baret, maka sulit diperbaiki dan mesti dikrom ulang atau ganti piston baru.

Sebaliknya jika cuma bocor sil. Memperbaikinya cukup mudah, lantaran tinggal melepas kaliper dari sokbreker. Lalu, siapkan sil penggantinya. Begitu kaliper copot dari sokbreker dan slang rem, melepas piston pakai tekanan kompresor sambil bantu ditarik.

Selajutnya sil rusak dicungkil pakai obeng minus agar lompat dari got rumahnya. Masukin deh sil baru sambil diatur biar pas posisisnya. Baru piston masuk tegak lurus.geek lol! 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
rahmadhidaya_tkr2



Jumlah posting : 11
Join date : 09.06.13

PostSubyek: Agung Nugroho Wiranto   Wed Nov 20, 2013 9:55 pm

Kelebihan Kekurangan Rem Cakram

Kelebihan rem cakram
Rem cakram dapat digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan sistem rem cakram sebagai andalannya. Selain itu rem cakram tahan terhadap genangan air sehingga pada kendaraan yang telah menggunakan rem cakram dapat menerjang banjir.

Kemudian rem cakram memiliki sistem rem yang berpendingin di luar (terbuka) sehingga pendinginan dapat dilakukan pada saat mobil melaju, ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi (ventilated disk) atau cakram yang memiliki lubang sehingga pendinginan rem lebih maksimal digunakan.

Kegunaan rem cakram banyak dipergunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk berhenti pada bagian depan kendaraan lebih besar dibandingkan di belakang sehingga membutuhkan pengereman yang lebih pada bagian depan. Namun saat ini telah banyak mobil yang telah menggunakan rem cakram pada keempat rodanya, terutama jenis mobil sedan.

Kekurangan rem cakram
Rem cakram yang sifatnya terbuka memudahkan debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur / kotoran tersebut dapat menghambat kinerja pengereman sampai merusak komponen pada bagian caliper seperti piston bila dibiarkan lama. Oleh sebab itu perlu dilakukan pembersihan sesering mungkin. Tapi gak sulit kok, lagipula bila anda biasa beredar di wilayah perkotaan, kendala seperti ini tidak perlu dikhawatirkan.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
rahmadhidaya_tkr2



Jumlah posting : 11
Join date : 09.06.13

PostSubyek: Agong Nugroho Wiranto   Wed Nov 20, 2013 10:26 pm

Diganti kalau sudah hbis kampas remnya!

klau tidak diganti maka akan merambat ke cakrmanya...

lol! 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: REM CAKRAM   

Kembali Ke Atas Go down
 
REM CAKRAM
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» For Sale: Xena, gembok cakram alarm motor terbaik, gak pake ribet!
» Cakram depan bunyi bergesek dan lampu belakang rem nyala terus
» Rem cakram belakang
» piringan cakram KOSO
» tlg saran piringan cakram

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: