Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 REM CAKRAM

Go down 
PengirimMessage
fani_santay



Jumlah posting : 5
Join date : 08.06.13

PostSubyek: REM CAKRAM   Thu Nov 21, 2013 12:52 pm

REM CAKRAM

Rem cakram merupakan perangkat pengereman pada kendaraan bermotor yang terdiri dari piringan yang terbuat dari logam,. Piringan logam ini akan dijepit oleh kampas rem (brake pad) yang didorong oleh sebuah torak yang ada dalam silinder roda. Untuk menjepit piringan ini kampas rem memerlukan tenaga yang kuat. Oleh karena itu rem cakram dilengkapi dengan sistem hidrolik. Sistem ini terdiri dari master silinder, silinder roda,l reservoir untuk tempat oli. Pada kendaraan roda dua ketika handel rem di tarik, bubungan yang terdapat pada handdel rem akan menekan torak yang terdapat pada master silinder. Torak ini akan mendorong oli rem kearah saluran oli. Kemudian masuk kedalam silinder roda. Pada bagian torak sebelah luar dipasang kampas yang akan menjepit piringan metal dengan memanfaatkan gaya ke arah luar yang ditimbulkan oleh tekanan oli rem tadi. sehingga cakram/ piringan dan kampas rem terjadi gaya gesek yang kuat. hal ini akan menimbuklan melambatnya laju piringan atau cakram tersebut.

Selanjutnya Komponen rem cakram adalah

1)-master rem

Master rem ini berfungsi sebagai penekan minyak rem.karna sistem kerja dari rem cakram adalah tekanan minyak rem terhadap kaliper rem.di dalam master rem ini ada beberapa komponen yang menempel.yaitu :
-sebuah bak penampung minyak rem.

-kemudian handle sebagai penekan piston

-pegas sebagai memantul handle agar kembali ke posisi semula

-piston atau penekan.

alat ini lah yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup lubang aliran minyak rem yang ada di bak penampung.setelah membuka lubang kemudian piston ini menekan minyak rem ke arah kaliper.

2)-Selang

Selang ini berfungsi sebagai penyalur dari minyak rem yang mendapat tekanan dari piston di kaliper.

3)-kaliper rem

Setelah minyak melalui selang kemudian berlanjut ke kaliper rem.di kaliper rem ini ada batang penekan atau piston lagi.fungsinya untuk menekan kampas rem atau sepatu rem.

Ada beragam jumlah piston dalam kaliper,ada yang menggunakan satu piston saja ada dua,tiga bahkan empat.tapi fungsinya tetap sama yaitu menekan kampas rem.

4)-kampas rem/sepatu rem

Tekanan berlanjut ke kampas rem.kampas biasanya terbuat dari campuran asbes yang di bentuk sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan gesekan dan cengraman yang sangat kuat terhadap piringan atau disc.

Di dalam sebuah kampas biasanya ada garis-garis atau alur.fungsinya untuk mengurangi panas akibat gesekan selain itu juga sebagai tempat pembuangan serpihan kampas yang terkikis akibat geseka.

4)-piringan (disc)

Tekanan dari kampas rem berlanjut di piringan cakram.karna kedua kampas rem menjepit dengan kuat sebuah piringan cakram maka terjadilah gesekan yang mampu memperlambat laju kendaraan.

5)-minyak rem
Minyak rem sebagai media atau perantara tekanan.untuk kualitasnya minyak rem biasanya diganti setiap 15.000 km atau 1.5 th sekali (dalam keadaan normal). Selain mengganti minyak rem, master rem juga perlu di bersihkan. Hal ini untuk menjaga agar, reservoir tempat minyak rem selalu bersih dan bebas karat. Angin yang masuk ke dalam master rem atau pun selang minyak rem juga perlu di buang, hal ini untuk menjaga agar daya pengereman maksimal, tidak ngempos. Berikut ini tips bagi Anda untuk mengganti minyak rem untuk rem depan yang ingin mencoba mengerjakan sendiri. Cara ini bisa diaplikasikan pada rem cakram belakang juga.

1. Persiapkan peralatan peralatan sbb ;
1. Obeng kembang ukuran sedang – untuk membuka tutup master rem
2. Gayung yang berisi air secukupnya – tempat air bersih untuk membersihkan minyak rem
3. Lap yang dicelupkan ke air – untuk membersihkan minyak rem apabila tumpah
4. Selang kecil transparan – memeriksa udara palsu dari selang rem cakram
5. Minyak rem Dot3/Dot4

2. Langkah pertama buka master rem dengan obeng kembang
3. Masukkan minyak rem ke dalam master rem secara perlahan-lahan
4. Pasangkan selang pada nipel kaliper rem cakram
5. Pompa handle rem secara kontinyu sampai terasa keras
6. Tahan handle rem lalu buka/kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar, lalu keraskan lagi nipelnya
7. Lakukan langkah 5 dan 6 sampai gelembung pada selang sudah hilang dan jarak main handle rem ± 2 – 3 Cm, tambahkan minyak rem apabila kapasitasnya berkurang.
8. Dalam melakukan langkah diatas harus secara perlahan-lahan atau hati-hati, jangan sampai minyak rem menumpahi bagian sepeda motor yang terbuat dari bahan plastic yang di cat, sebab apabila terkena bahan tersebut, maka akan merusak bahan dan catnya.
9. Apabila terjadi kecelakaan/minyak rem tumpah, maka segera lap dengan menggunakan kain yang sudah di celupkan ke dalam air, dan bersihkan minyak rem sampai bersih
10. Setelah hasilnya maksimal, tutup kembali master rem dan cek kembali kekerasa n baut-baut master rem dan nipel pada kaliper rem.
11. Selesai…

Penting untuk di perhatikan, selama mengganti / service rem, jangan sampai minyak rem tumpah mengenai cover atau part yang terbuat dari plastic, karena bisa menyebabkan cat mengelupas. Selain itu, juga disarankan memakai minyak rem standar sesuai rekomendari pabrikan.
tTdak kalah pentingnya untuk diperhatikan, setelah memasang kampas rem cakram hendaknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu apakah hasil pemasangan sudah beres dan normal, pengecekan dan tindakan tersebut diantaranya adalah : 1. Diputar terebih dahulu rodanya setelah pemasangan rem cakram baru, dengan distandarkan dua. Jika masih seret, berarti kampas masih menggesek bagian piringan cakram. 2. Amati bekas gesekan apakah ditengah atau dipinggir. Jika terjadi di tengah dan tidak merata, kemungkinan kampas tidak presisi dan rata dari pabrikan hal demikian memungkinkan karena berbagai faktor, cukup dipres dengan ragum agar rapat dan presisi, jika bekas gesekan terjadi dipinggir, cukup menggerinda bekas gesekan kampas tersebut hanya dibagian pinggir/tepi kampas, hal tersebut biasanya terjadi karena piringan cakram sudah tipis pada bagian yang terkena gesekan kampas lama, adapun ditempat yang tidak terkena kampas masih tebal, nah bagian yang tebal tersebut yang masih menggesek kampas baru dan membuat seret , makanya kampas digerinda disisi bekas gesekan saja.

Sumber: [Only admins are allowed to see this link]

[Only admins are allowed to see this link]
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Al-pazerinsyabaniTkr2



Jumlah posting : 13
Join date : 08.06.13

PostSubyek: Re: REM CAKRAM   Sun Nov 24, 2013 4:47 pm

apa yg harus dilakukan bila terjadi kebojoran pada rem ?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
fani_santay



Jumlah posting : 5
Join date : 08.06.13

PostSubyek: Re: REM CAKRAM   Sun Nov 24, 2013 4:48 pm

sebaik nya komponen yg terjadi kebocoran tersebut diganti .
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: REM CAKRAM   

Kembali Ke Atas Go down
 
REM CAKRAM
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Rem cakram belakang
» [WTS] Cakram Lebar PSM Khusus Ninja 250R
» perbedaan kemampuan double & single cakram
» [HELP] ninjaku bunyi ngikk...ngikk...ngikk
» disc brake (minta saran dan nasihat)

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: