REM CAKRAM
Rem Cakarm :
Rem cakram atau disc brake bayak dipakai di kendaraan bermotor berkecepatan tinggi. Terjadinya gaya pengereman pada rem cakram adalah akibat gesekan yang dilakukan oleh pad/ bantalan terhadam cakram/ piringan dengan cara menjepit.
Keuntungan :
Pengereman tetap stabil walaupun dilakukan berkali-kali pada kecepatan tinggi.
Piringan dapat meradiasi panas dengan baik
Ekspansi paanas dan pemuaian panas yang terjadi karena gesekan tidak menyebabkan perubahan renggang antara cakram dan pad.
Konstruksi sederhana
Jika piringan terkena air maka efek pengereman tetap konstan, hal ini disebabkan air yang menempel pada piringan akan terl
empar keluar karena gaya sentrifugal.
Kerugian :
Diperlukan tenaga pengereman yang lebih besar
Debu dan kotoran akan lebih mudah masuk karena system remnya terbuka.
Jenis-jenis rem cakram :
Tipe satu piston/floating caliper
Tipe dua piston/fixed caliper
Pada tipe satu piston/ floating caliper, tekanan hidraulik master silinder akan mendorong kea rah kiri. Cakram bergerak berlawanan arah dengan gerak piston sehingga piringan akan terjepit.
Pada tipe dua piston , tenaga pengereman yang terjadi adalah saat tekanan hidraulik mendorong kedua piston sehingga piston mendorong pad untuk menjepit piringan/cakram. Kerja dari tipe ini lebih akurat namun radiasi panasnya terbatas karena silinder rem berada diantara cakram dengan velg sehingga dulit tercapainya pendinginan oleh karena itu dibutuhkan komponen yang lebih bayak.
[Only admins are allowed to see this link]