Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 bearing/bantalan

Go down 
2 posters
PengirimMessage
muhammadnor




Jumlah posting : 4
Join date : 05.02.14
Age : 25
Lokasi : Kandangan

bearing/bantalan Empty
PostSubyek: bearing/bantalan   bearing/bantalan Icon_minitimeThu Feb 06, 2014 9:26 am

Bantalan (sebagai Elemen Mesin)

Bantalan merupakan salah satu bagian dari elemen mesin yang memegang peranan cukup penting karena fungsi dari bantalan yaitu untuk menumpu sebuah poros agar poros dapat berputar tanpa mengalami gesekan yang berlebihan. Bantalan harus cukup kuat untuk memungkinkan poros serta elemen mesin lainnya bekerja dengan baik.

A. PRINSIP KERJA BANTALAN
Apabila ada dua buah logam yang bersinggungan satu dengan lainnya saling bergeseran maka akan timbul gesekan , panas dan keausan . Untuk itu pada kedua benda diberi suatu lapisan yang dapat mengurangi gesekan , panas dan keausan serta untuk memperbaiki kinerjanya ditambahkan pelumasan sehingga kontak langsung antara dua benda tersebut dapat dihindarai.

B. KLASIFIKASI BANTALAN
Bantalan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. BERDASARKAN GERAKAN BANTALAN TERHADAP POROS
a. Bantalan Luncur
 Macam-macam bantalan luncur
1) Berdasarkan konstruksinya bantalan luncur dibedakan menjadi:
a) Bantalan luncur radial
Bantalan ini untuk mendukung gaya radial dari batang torak saat berputar. Konstruksinya terbagi / terbelah menjadi dua agar dapat dipasang pada poros engkol

b) Bantalan luncur aksial
Bantalan ini menghantarkan poros engkol menerima gaya aksial yaitu terutama pada saat terjadi melepas / menghubungkan plat kopling saat mobil berjalan.
Konstruksi bantalan ini juga terbelah / terbagi menjadi dua dan dipasang pada poros jurnal bagian paling tengah.

c) Bantalan gelinding / roll
Bantalan poros engkol ini digunakan pada poros engkol yanmg terpisah / terbagi , sehingga pemasangan / pelepasannya dengan jalan membagi poros engkol terlebihdahulu.Bantalan roll ini banyak digunakan pada motor-motor 2 tak .
Konstruksi bantalan ini disesuaikan dengan beban yang diterimanya yaitu :
a. Bantalan gelinding aksial ( mengatasi gaya aksial )
b. Bantalan gelinding Radial ( mengatasi gaya radial )
c. Bantalan gelinding kontak sudut ( mengatasi gaya aksial dan radial )









Gambar bantalan gelinding /റോള്

2) Menurut bentuk dan letaknya bagian poros yang ditumpu bantalan yaitu bagian yang disebut jurnal dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Bantalan Radial, yang dapat berbentuk silinder, belahan silinder, elips.
b. Bantalan Aksial, yang dapat berbentuk bola, kerah, michel.
c. Bantalan Khusus, yang berbentuk bola.

 Bahan Bantalan luncur
  Bahan untuk bantalan luncur harus memenuhi persyaratan berikut:
   -  Mempunyai kekuatan yang cukup (tahan beban dan kelelahan)
   - Dapat menyesuaikan diri terhadap lenturan poros yang tidak terlalu besar atau terhadap perubahan bentuk yang kecil
   - Mempunyai sifat anti las (tidak dapat menempel) terhadap poros jika terjadi kontak dan gesekan antara logam dan logam
   - Sangat tahan karat
   - Dapat membenamkan kotoran atau debu kecil
   - Murah harganya
   - Tidak terlalu terpengaruh oleh temperatur

1) Bahan-bahan untuk bantalan umum
  a. Paduan tembaga, termasuk dalam golongan ini adalah perunggu, perunggu fosfor, dan  perunggu timah hitam.
  b. Logam putih, termasuk dalam golongan ini adalah logam putih berdasar Sn (yang disebut logam babit) dan logam putih

2) Bahan untuk bantalan tanpa pelumasan
  Bahan ini mengandung pelumas di dalamnya sehingga dapat dipakaii sebagai bantalan yang melumasi sendiri. Bantalan     semacam ini dipakai bila tidak memungkinkan perawatan secara biasa, yaitu:
a. Jika letak bantalan tidak memungkinkan pemberian pelumas dariluar
b. Jika bantalan mempunyai gerakan bolak-balik sehingga kemungkinan terbentuknya lapisan minyak sangat kecil
c. Untuk alat-alat kimia atau pengolahan air
d.Untuk kondisi khusus seperti beban besar, temperatur tinggi, temperatur rendah atau keadaan hampa.

Bantalan tanpa minyak dapat berupa:
a. Bantalan plastik
b. Bantalan logam yang diresapi minyak
c. Pelumas padat

3) Bantalan luncur hidostatik
   Bantalan semacam ini dipakai sebagai bantalan utama pada mesin perkakas presisi tinggi, misalnya pada meja putar bubut vertikal besar. Bahan bantalan dapat berupa minyak atau udara. Dalam hal ini, minyak atau udara dialirkan dengan tekanan ke dalam celah bantalan untuk mengangkat beban dan menghindari keausan ataupenempelan pada mesin berputar.

4) Bahan bantalan khusus
  a. Bantalan Kayu, dipakai dalam mesin pengolahan makanan.
  b. Bantalan Karet, dicampur dengan air sebagai pelumas, Bantalan karet mempunyai koefisien gesek yang rendah. Bantalan karet juga dapat meredam bunyi dan getaran.
  c. Bantalan Grafit Karbon, merupakan bahan yang sepenuhnya dapat melumasi sendiri dan
bekerja pada temperatur tinggi.penambahan serbuk babit, perak, atau tembaga dapat
memperbaiki sifatnya yang susah bereaksi sebagai bantalan.
 d.Bantalan Permata, dipakai pada alat-alat ukur. Merupakan bantalan dari batu akik seperti
delima (ruby), dan batu nilam (sapphire).

Berdasar bahannya batalan luncur dibedakan menjadi :
a) Bantalan satu bahan
Yaitu bantalan yang terbuat dari satu jenis bahan saja seperti besi tuang kelabu atau perunggu .
Jenis ini hanya digunakan pada motor dengan beban ringan

b) Bantalan dua bahan
Bantalan ini mempunyai dua bahan untuk pendukung dan untuk bagian luncurnya.Untuk bagian pendukungnya terbuatdari Cuprum ( Cu) , Plumbum ( Pb), Sn atau paduan alumunium , sedanng bagian luncurnya biasanya terbuat dari : Pb atau Sn. Jenis ini mempunyai sifat luncur yang baik serta daya dukungnya lebih besar

c) Bantalan tiga bahan :
Bantalan ini biasanya pelindungya terbuat dari baja ,pendukungnya terbuat dari Pb , Cu atau Sn dan permukaan luncurnya terbuat dari Pb atau SN dengan proses galvanis.



Cara Pelumasan Untuk bantalan Luncur
  Dalam pemilihan cara pelumasan sangat perlu diperhatikan kontruksi, kondisi kerja dan letak bantalan. Tempat pelumasan dan lokasi, bentuk serta kekasaran alur minyak, juga merupakan faktor-faktor penting. Jadi pelumasan harus direncanakan atas dasar pengalaman.
a. Pelumasan Tangan
Cara ini cocok digunakan untuk beban ringan, kecepatan rendah atau kerja yang tidak terus-menerus.
b. Pelumasan Tetes
  Cara ini cocok digunakan untuk beban ringan dan sedang.
c. Pelumasan Sumbu
  Cara ini menggunakan sebuah sumbu yang dicelupkan dalam mangkok minyak sehingga minyak terisap oleh sumbu tersebut.
d. Pelumasan Percik
 Cara ini digunakan untuk melumasi torak dan silinder motor bakar torak yang berputaran tinggi.
e. Pelumasan Cincin
 Pelumasan ini dipakai seperti pada pelumasan tetes, caranya yakni dengan menggunakan sebuah sumbu yang dicelupkan dalam mangkok minyak sehingga minya terserap oleh sumbu tersebut.
f. Pelumasan Pompa
 Pelumasan pompa cocok digunakan untuk keadaan kerja dengan kecepatan tinggi dan beban besar.di sini pompa digunakan untuk mengalirkan minyak ke dalam bantalan yang sulit letaknya seperti bantalan utama motor yang berputaran tinggi.
g. Pelumasan Gravitasi
  Pelumasan ini grafitasi dipakai untuk kecepatan sedang dan tinggi,carany yaki dari sebuah tangki yang diletakkan di atas  bantalan, minyak dialirkan oleh gaya beratnya.
h. Pelumasan Celup
  Sebagian bantalan dicelupkan dalam minyak. Cara ini cocok untuk bantalan dengan poros tegak seperti pada turbin air.


NAMA:
1. MUHAMMAD AMINULLAH
2. MUHAMMAD ANDRIANI
3. MUHAMMAD FAISAL FUAD
4. MUHAMMAD FIKRI AFRIZAL
5. MUHAMMAD HIDAYAT
6. MUHAMMAD NOR




 Very Happy Smile Sad Surprised Sad Sad Very Happy Neutral Suspect jocolor jocolor jocolor jocolor jocolor jocolor jocolor jocolor jocolor jocolor lol! lol! lol! flower flower elephant elephant king king farao farao farao Sleep Sleep Sleep bounce bounce
Kembali Ke Atas Go down
sarman labibi




Jumlah posting : 5
Join date : 05.02.14
Age : 28
Lokasi : kandangan

bearing/bantalan Empty
PostSubyek: Re: bearing/bantalan   bearing/bantalan Icon_minitimeSat Feb 08, 2014 4:24 pm

Bagaimana cara membedakan bunyi bearing belakang dengan bunyi ban mobil belakang....????
Kembali Ke Atas Go down
http://www.sarman96.heck.in
muhammadnor




Jumlah posting : 4
Join date : 05.02.14
Age : 25
Lokasi : Kandangan

bearing/bantalan Empty
PostSubyek: Re: bearing/bantalan   bearing/bantalan Icon_minitimeSat Feb 08, 2014 4:36 pm

Cara Membedakan Bunyi Yang di sebabkan oleh ban mobil dan bearing roda

Cara yang mudah untuk memastikan memang bunyi dengung yang di sebabkan oleh permukaan ban bergelombang atau tidak rata dengan cara mengganti dengan ban serep dengan catatan ban serep juga dalam kondisi bagus dan kalau memang bunyi dengung roda hilang saat di pakai di jalan rata dengan kecepatan di atas 40 km/jam setelah mengganti dengan ban serep,bisa dipastikan memang ban yang yang di pakai tidak balanced atau tapak ban bergelombang.


Untuk memeriksa bearing roda rusak yang menyebabkan bunyi dengung cara nya pun cukup mudah.Naikan roda dengan menggunakan dongkrak,setelah roda tidak bersentuhan dengan lantai atau tanah.Goyang-goyang roda kiri kanan dan atas bawah,jika bearing rusak akan terasa kocak saat roda di goyang ke semua arah.

Kalau memang tidak terasa kocak,hal ini tergantung dari tingkat kerusakan kolaher,langkah selanjutnya adalah dengan cara putar roda dengan tangan kanan dan tangan kiri memegang shock absorber di samping roda,maka ketika roda di putar akan terasa getaran pada shock absorber meskipun saat roda diputar tidak terdengar bunyi.
Kembali Ke Atas Go down
sarman labibi




Jumlah posting : 5
Join date : 05.02.14
Age : 28
Lokasi : kandangan

bearing/bantalan Empty
PostSubyek: Re: bearing/bantalan   bearing/bantalan Icon_minitimeSat Feb 08, 2014 4:47 pm

bagaimana menurut anda ciri-ciri bearing roda rusak....
mohon maaf saya banyak bertanya dengan anda tetapi jika anda tidak mau menjawab tidak apa-apa.. Surprised Surprised Surprised Surprised 
Kembali Ke Atas Go down
http://www.sarman96.heck.in
muhammadnor




Jumlah posting : 4
Join date : 05.02.14
Age : 25
Lokasi : Kandangan

bearing/bantalan Empty
PostSubyek: Re: bearing/bantalan   bearing/bantalan Icon_minitimeSat Feb 08, 2014 4:57 pm

tidak apa-apa rasa ingin tahu anda sangat besar, jadi tidak salah nya kita saling berbagi ilmu kan .. Laughing Laughing 
ini jawaba saya..dan jangan bosan untuk bertanya...

cirinya biasa nya terdengar suara ngaung-ngaung
dan penyebab nya biasa nya adalah
1.sering terkena air atau banjir
2.cara pemasangan nya dipukul-pukul tidak di press dengan alat khusus
3.memasang mur-mur as roda terlalu kencang-kencang
4.diameter peleg terlalu besar.
5.tidak pernah diberi gemuk atau pemeliharaan rutin. Very Happy Very Happy Basketball Basketball Basketball 
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





bearing/bantalan Empty
PostSubyek: Re: bearing/bantalan   bearing/bantalan Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
bearing/bantalan
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» "Bantalan" Makalah Tugas Kelompok X TKR 2
» pengertian bantalan

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: