Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 HIDROLIK M.RIFANI TKR2

Go down 
2 posters
PengirimMessage
fani_santay




Jumlah posting : 5
Join date : 08.06.13

HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Empty
PostSubyek: HIDROLIK M.RIFANI TKR2   HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Icon_minitimeSat Jun 08, 2013 8:55 pm

Sistem Rem Hidrolik

Kamis, 10 November 2011
PENGERTIAN REM
03:14 | Diposkan oleh prop.umam |

PENGERTIAN REM

Rem yaitu suatu peranti untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. secara otomatis gerak kendaraan menjadi pelan. Energi kinetik yang hilang dari benda yang bergerak ini biasanya diubah menjadi panas karena gesekan.
Sistem rem pada kendaraan merupakan suatu peranti penting keamanan dalam berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya dan keamanan berkendara jadi terganggu, Adapun fungsi dari sistem rem itu sendiri adalah :

Untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda kendaraan.
Mengatur kecepatan selama berkendara.
Untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.

Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus), tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi.

Komponen – komponen rem :
• Backing plate
• Silinder penyetel sepatu rem

• Sepatu rem
• Pegas pembalik

• Kanvas rem
• Silinder roda

• Drum rem

Backing plate

Terbuat dari plat baja yang dipress. Backing plate bagian belakang diikat dengan baut pada real axle housing dan backing plate bagian depan diikat dengan baut pada steering knuckle. Sepatu rem dipasangkan pada backing plate yang mana bila terjadi pengereman akan bekerja pada backing plate. Selain sepatu rem juga silinder roda, anchorpin, mekanisme rem tangan dipasangkan pada backing plate.

· Silinder penyetel sepatu rem
berfungsi menjamin ujung sepatu rem dan untuk penyetelan renggang antara sepatu dengan drum. Pada beberapa macam rem, sebagai pengganti silinder penyetel sepatu, anchor pin dan kam penyetel sepatu digunakan secara terpisah.

· Sepatu rem
Sepatu rem berbentuk busur yang disesuaikan dengan lingkaran drum dan dilengkapi dengan kanvas yang dikeling ataupun direkatkan pada bagian permukaan dalam sepatu rem. Salah satu ujung sepatu rem dihubungkan pada anchor pin atau pada baut silinder penyetel sepatu rem. Ujung lainnya dipasangkan pada roda silinder yang berfungsi untuk mendorong sepatu ke drum dan juga sepatu rem ini berhubungan dengan mekanisme rem tangan.


Terakhir diubah oleh fani_santay tanggal Sat Jun 08, 2013 9:08 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
M_Zaini




Jumlah posting : 6
Join date : 29.09.12

HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK M.RIFANI TKR2   HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Icon_minitimeSat Jun 08, 2013 9:02 pm

kelebihan rem hidrolik?
Kembali Ke Atas Go down
fani_santay




Jumlah posting : 5
Join date : 08.06.13

HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK M.RIFANI TKR2   HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Icon_minitimeSat Jun 08, 2013 9:05 pm

kelebihan rem hidrolik adalah bermanuper lebih cepat
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK M.RIFANI TKR2   HIDROLIK M.RIFANI TKR2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
HIDROLIK M.RIFANI TKR2
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» HIDROLIK M.ARIS TKR2
» pengetian hidrolik
» artikel HIDROLIK
» Sistem Hidrolik
» SISTEM HIDROLIK

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: