m_syafudin_luthfi
Jumlah posting : 10 Join date : 08.06.13
| Subyek: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Sat Jun 08, 2013 8:40 pm | |
| Pengertian Sistem Hidrolik Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan. Dimana fluida penghantar ini dinaikan tekanannya oleh pompa pembangkit tekanan yang kemudian diteruskan ke silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur.Dasar- dasar Sistem Hidrolik a. Hukum Pascal Prinsip dasar sistem hidrolik berasal dari hukum pascal, dimana tekanan dalam fluida statis harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: 1) Tekanan bekerja tegak lurus pada permukaan bidang. 2) Tekanan disetiap titik sama untuk semua arah. 3) Tekanan yang diberikan kesebagian fluida dalam tempat tertutup, merambat secara seragam ke bagian lain fluida. Sebagai contoh : gambar dibawah memperlihatkan dua buah silinder berisi cairan yang dihubungkan dan mempunyai diameter berbeda. Apabila beban W diletakan disilinder kecil, tekanan P yang dihasilkan akan diteruskan kesilinder besar (P = W\a, beban dibagi luas penampang silinder). Menurut hukum ini, pertambahan tekanan sebanding denganluas rasio penampang silinder kecil dan silinder besar, atau W = PA = wA/a.2. Komponen beserta Fungsi & SimbolSistem hidrolik ini didukung oleh 3 unit komponen utama, yaitu:1. Unit Tenaga, berfungsi sebagai sumber tenaga dengan liquid/ minyak hidrolikPada sistem ini, unit tenaga terdiri atas:
- Penggerak mula yang berupa motor listrik atau motor bakar
- Pompa hidrolik, putaran dari poros penggerak mula memutar pompa hidrolik sehingga pompa hidrolik bekerja
- Tangki hidrolik, berfungsi sebagai wadah atau penampang cairan hidrolik
- Kelengkapan (accessories), seperti : pressure gauge, gelas penduga, relief valve
2. Unit Penggerak (Actuator), berfungsi untuk mengubah tenaga fluida menjadi tenaga mekanikHidrolik actuator dapat dibedakan menjadi dua macam yakni:
- Penggerak lurus (linier Actuator) : silinder hidrolik
- Penggerak putar : motor hidrolik, rotary actuator
3. Unit Pengatur, berfungsi sebagai pengatur gerak sistem hidrolik.Unit ini biasanya diwujudkan dalam bentuk katup atau valve yang macam-macamnya akan dibahas berikut ini.3.1 Katup Pengarah (Directional Control Valve = DCV ) Katup (Valve) adalah suatu alat yang menerima perintah dari luar untuk melepas, menghentikan atau mengarahkan fluida yang melalui katup tersebut.Contoh jenis katup pengarah : Katup 4/3 Penggerak lever, Katup pengarah dengan piring putar, katup dengan pegas bias.3.2 Macam-macam Katup Pengarah Khusus1) Check Valve adalah katup satu arah, berfungsi sebagai pengarah aliran dan juga sebagai pressure control (pengontrol tekanan)2) Pilot Operated Check Valve, Katup ini dirancang untuk aliran cairan hidrolik yang dapat mengalir bebas pada satu arah dan menutup pada arah lawannya, kecuali ada tekanan cairan yang dapat membukanya.3) Katup Pengatur Tekanan, Tekanan cairan hidrolik diatur untuk berbagai tujuan misalnya untuk membatasi tekanan operasional dalam sistem hidrolik, untuk mengatur tekanan agar penggerak hidrolik dapat bekerja secara berurutan, untuk mengurangi tekanan yang mengalir dalam saluran tertentu menjadi kecil.Macam-macam Katup pengatur tekanan adalah: a. Relief Valve, digunakan untuk mengatur tekanan yang bekerja pada sistem dan juga mencegah terjadinya beban lebih atau tekanan yang melebihi kemampuan rangkaian hidrolik.b. Sequence Valve, berfungsi untuk mengatur tekanan untuk mengurutkan pekerjaan yaitu menggerakkan silinder hidrolik yang satu kemudian baru yang lain.c. Pressure reducing valve, berfungsi untuk menurunkan tekanan fluida yang mengalir pada saluran kerja karena penggerak yang akan menerimanya didesain dengan tekanan yang lebih rendah.4) Flow Control Valve, katup ini digunakan untuk mengatur volume aliran yang berarti mengatur kecepatan gerak actuator (piston).Fungsi katup ini adalah sebagai berikut:· untuk membatasi kecepatan maksimum gerakan piston atau motor hidrolik· Untuk membatasi daya yang bekerja pada sistem · Untuk menyeimbangkan aliran yang mengalir pada cabang-cabang rangkaian.Macam-macam dari Flow Control Valve :· Fixed flow control yaitu: apabila pengaturan aliran tidak dapat berubah-ubah yaitu melalui fixed orifice.· Variable flow control yaitu apabila pengaturan aliran dapat berubah-ubah sesuai dengan keperluan· Flow control yang dilengkapi dengan check valve· Flow control yang dilengkapi dengan relief valve guna menyeimbangkan tekananMenggambar Rancangan Rangkaian HidrolikSetelah kita pelajari komponen-komponen sistem hidrolik secara detail dan juga telah kita pelajari berbagai simbol dari setiap komponen sebagai bahasan tenaga fluida, demikian juga telah kita pelajari cara membaca diagram rangkaian (circuit diagram) maka akan kita mulai dengan cara mendesain (merancang) suatu rangkaian sesuai dengan yang kita kehendaki bila telah tersedia komponen-komponen sistem hidrolik.Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang rangkaian hidrolik adalah:· Tujuan penggunaan rangkaian· Ketersediaan komponen· Konduktor dan konektor yang digunakan macam apa· Tekanan kerja sistem hidrolik berapaRancangan rangkaian hidrolik perlu dituangkan dalam bentuk diagram rangkaian hidrolik dengan menggunakan simbol-simbol grafik, dengan bantuan simbol-simbol grafik para desainer dapat menuangkan pemikiran lebih mudah, lebih tenang sehingga dapat berkreasiptimal mungkin.Cara membuat diagram rangkaian biasanya dengan membuat tata letak komponen sebagai berikut:· Actuator diletakkan pada gambar yang paling atas· Unit pengatur diletakkan di bawahnya· Unit tenaga diletakkan pada bagian paling bawah· Setelah simbol-simbol komponen lengkap dalam lay out (tata letak) barulah digambar garis-garis penghubung sebagai gambar konduktor dengan garis-garis sesuai dengan macam konduktor yang digunakan | |
|
muhammad_aries
Jumlah posting : 10 Join date : 08.06.13
| |
m_syafudin_luthfi
Jumlah posting : 10 Join date : 08.06.13
| Subyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Sun Jun 09, 2013 12:15 pm | |
| ris jawabanya unit penggerak,unit tenaga dan unit pengatur | |
|
muhammad_aries
Jumlah posting : 10 Join date : 08.06.13
| Subyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Sun Jun 09, 2013 12:28 pm | |
| hidrolik actuator ada berapa macam sebutkan ?
| |
|
m_syafudin_luthfi
Jumlah posting : 10 Join date : 08.06.13
| Subyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Sun Jun 09, 2013 12:32 pm | |
| | |
|
Sponsored content
| Subyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 | |
| |
|