Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2

Go down 
2 posters
PengirimMessage
m_syafudin_luthfi




Jumlah posting : 10
Join date : 08.06.13

HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Empty
PostSubyek: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2   HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Icon_minitimeSat Jun 08, 2013 8:40 pm

Pengertian Sistem Hidrolik


Sistem
hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan
menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya
yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan. Dimana fluida
penghantar ini dinaikan tekanannya oleh pompa pembangkit tekanan yang
kemudian diteruskan ke silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan
katup-katup. Gerakan translasi batang piston dari silinder
kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur.

Dasar- dasar Sistem Hidrolik
a. Hukum Pascal
Prinsip dasar sistem hidrolik berasal dari hukum pascal, dimana tekanan
dalam fluida statis harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
1) Tekanan bekerja tegak lurus pada permukaan bidang.
2) Tekanan disetiap titik sama untuk semua arah.
3) Tekanan yang diberikan kesebagian fluida dalam tempat tertutup, merambat secara seragam ke bagian lain fluida.

Sebagai
contoh : gambar dibawah memperlihatkan dua buah silinder berisi cairan
yang dihubungkan dan mempunyai diameter berbeda. Apabila beban W
diletakan disilinder kecil, tekanan P yang dihasilkan akan diteruskan
kesilinder besar (P = W\a, beban dibagi
luas penampang silinder). Menurut hukum ini, pertambahan tekanan
sebanding denganluas rasio penampang silinder kecil dan silinder besar,
atau W = PA = wA/a.







2. Komponen beserta Fungsi & Simbol
Sistem hidrolik ini didukung oleh 3 unit komponen utama, yaitu:
1. Unit Tenaga, berfungsi sebagai sumber tenaga dengan liquid/ minyak hidrolik
Pada sistem ini, unit tenaga terdiri atas:

  • Penggerak mula yang berupa motor listrik atau motor bakar
  • Pompa hidrolik, putaran dari poros penggerak mula memutar pompa hidrolik sehingga pompa hidrolik bekerja
  • Tangki hidrolik, berfungsi sebagai wadah atau penampang cairan hidrolik
  • Kelengkapan (accessories), seperti : pressure gauge, gelas penduga, relief valve

2. Unit Penggerak (Actuator), berfungsi untuk mengubah tenaga fluida menjadi tenaga mekanik
Hidrolik actuator dapat dibedakan menjadi dua macam yakni:

  • Penggerak lurus (linier Actuator) : silinder hidrolik
  • Penggerak putar : motor hidrolik, rotary actuator

3. Unit Pengatur, berfungsi sebagai pengatur gerak sistem hidrolik.
Unit ini biasanya diwujudkan dalam bentuk katup atau valve yang macam-macamnya akan dibahas berikut ini.
3.1 Katup Pengarah (Directional Control Valve = DCV )
Katup (Valve)
adalah suatu alat yang menerima perintah dari luar untuk melepas,
menghentikan atau mengarahkan fluida yang melalui katup tersebut.

Contoh jenis katup pengarah : Katup 4/3 Penggerak lever, Katup pengarah dengan piring putar, katup dengan pegas bias.




3.2 Macam-macam Katup Pengarah Khusus
1) Check Valve adalah katup satu arah, berfungsi sebagai pengarah aliran dan juga sebagai pressure control (pengontrol tekanan)
2) Pilot Operated Check Valve,
Katup ini dirancang untuk aliran cairan hidrolik yang dapat mengalir
bebas pada satu arah dan menutup pada arah lawannya, kecuali ada tekanan
cairan yang dapat membukanya.

3)
Katup Pengatur Tekanan, Tekanan cairan hidrolik diatur untuk berbagai
tujuan misalnya untuk membatasi tekanan operasional dalam sistem
hidrolik, untuk mengatur tekanan agar penggerak hidrolik dapat bekerja
secara berurutan, untuk mengurangi tekanan yang mengalir dalam saluran
tertentu menjadi kecil.

Macam-macam Katup pengatur tekanan adalah:
a. Relief Valve,
digunakan untuk mengatur tekanan yang bekerja pada sistem dan juga
mencegah terjadinya beban lebih atau tekanan yang melebihi kemampuan
rangkaian hidrolik.

b. Sequence Valve,
berfungsi untuk mengatur tekanan untuk mengurutkan pekerjaan yaitu
menggerakkan silinder hidrolik yang satu kemudian baru yang lain.

c. Pressure reducing valve,
berfungsi untuk menurunkan tekanan fluida yang mengalir pada saluran
kerja karena penggerak yang akan menerimanya didesain dengan tekanan
yang lebih rendah.

4) Flow Control Valve, katup ini digunakan untuk mengatur volume aliran yang berarti mengatur kecepatan gerak actuator (piston).
Fungsi katup ini adalah sebagai berikut:
· untuk membatasi kecepatan maksimum gerakan piston atau motor hidrolik
· Untuk membatasi daya yang bekerja pada sistem
· Untuk menyeimbangkan aliran yang mengalir pada cabang-cabang rangkaian.
Macam-macam dari Flow Control Valve :
· Fixed flow control yaitu: apabila pengaturan aliran tidak dapat berubah-ubah yaitu melalui fixed orifice.
· Variable flow control yaitu apabila pengaturan aliran dapat berubah-ubah sesuai dengan keperluan
· Flow control yang dilengkapi dengan check valve
· Flow control yang dilengkapi dengan relief valve guna menyeimbangkan tekanan
Menggambar Rancangan Rangkaian Hidrolik
Setelah
kita pelajari komponen-komponen sistem hidrolik secara detail dan juga
telah kita pelajari berbagai simbol dari setiap komponen sebagai bahasan
tenaga fluida, demikian juga telah kita pelajari cara membaca diagram
rangkaian (circuit diagram) maka akan kita mulai dengan cara
mendesain (merancang) suatu rangkaian sesuai dengan yang kita kehendaki
bila telah tersedia komponen-komponen sistem hidrolik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang rangkaian hidrolik adalah:
· Tujuan penggunaan rangkaian
· Ketersediaan komponen
· Konduktor dan konektor yang digunakan macam apa
· Tekanan kerja sistem hidrolik berapa
Rancangan
rangkaian hidrolik perlu dituangkan dalam bentuk diagram rangkaian
hidrolik dengan menggunakan simbol-simbol grafik, dengan bantuan
simbol-simbol grafik para desainer dapat menuangkan pemikiran lebih
mudah, lebih tenang sehingga dapat berkreasiptimal mungkin.

Cara membuat diagram rangkaian biasanya dengan membuat tata letak komponen sebagai berikut:
· Actuator diletakkan pada gambar yang paling atas
· Unit pengatur diletakkan di bawahnya
· Unit tenaga diletakkan pada bagian paling bawah
· Setelah simbol-simbol komponen lengkap dalam lay out
(tata letak) barulah digambar garis-garis penghubung sebagai gambar
konduktor dengan garis-garis sesuai dengan macam konduktor yang
digunakan
Kembali Ke Atas Go down
muhammad_aries




Jumlah posting : 10
Join date : 08.06.13

HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2   HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Icon_minitimeSun Jun 09, 2013 12:09 pm

lut,apa kompenen-komponen hidrolik sebutkan? Question Question
Kembali Ke Atas Go down
m_syafudin_luthfi




Jumlah posting : 10
Join date : 08.06.13

HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2   HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Icon_minitimeSun Jun 09, 2013 12:15 pm

ris jawabanya unit penggerak,unit tenaga dan unit pengatur
Kembali Ke Atas Go down
muhammad_aries




Jumlah posting : 10
Join date : 08.06.13

HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2   HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Icon_minitimeSun Jun 09, 2013 12:28 pm


hidrolik actuator ada berapa macam sebutkan ?
Kembali Ke Atas Go down
m_syafudin_luthfi




Jumlah posting : 10
Join date : 08.06.13

HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2   HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Icon_minitimeSun Jun 09, 2013 12:32 pm

ada 2 macam yaitu:

Penggerak lurus (linier Actuator) : silinder hidrolik
Penggerak putar : motor hidrolik, rotary actuator

Very Happy Very Happy Very Happy Very Happy Smile Smile Smile Smile Smile
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Empty
PostSubyek: Re: HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2   HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
HIDROLIK m.syafrudin luthfi otomotif 2
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» REM CAKRAM M.ARIS
» REM CAKRAM M.SYAFRUDIN LUTHFI
» SISTEM HIDROLIK
» PENGERTIAN HIDROLIK
» pengetian hidrolik

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: