Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 abdul halik XTKR2

Go down 
2 posters
PengirimMessage
Abdul_Halik 10 TKR 2




Jumlah posting : 13
Join date : 22.09.12
Age : 29
Lokasi : kandangan

abdul halik XTKR2 Empty
PostSubyek: abdul halik XTKR2   abdul halik XTKR2 Icon_minitimeThu Oct 25, 2012 9:15 pm

Fungsi dan Cara Kerja Karburator



Karburator merupakan bagian dari mesin yang bertugas dalam sistem pengabutan(pemasukan bahan bakar ke dalam silinder). Untuk itu fungsi dari karburator antara lain:

Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
Untuk mengatur perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban kecepatan motor.
Mencampur bahan bakar dan udara secara merata.

Proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder dinamakan karburasi.
Sedangkan alat yang melakukannya dinamakan karburator.

satu per satu bagian dari karburator beserta fungsinya:

1. Mangkok karburator(float chamber)

Berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar sementara sebelum digunakan.

2. Klep/jarum pelampung(floater valve)

Berfungsi mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.

3. Pelampung(floater)

Berfungsi mengatur bahan bakar agar tetap pada mangkuk karburator.

4. Skep/katup gas(throtle valve)

Berfungsi mengatur banyaknya gas yang masuk ke dalam silinder.

5. Pemancar jarum(main nozzle/needle jet)

Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas, besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.

6. Jarum skep/jarum gas(Needle jet)

Berfungsi mengaturbesarnya semprotan bahan bakar dari main nozzle pada waktu motor di gas.

7. Pemancar besar(main jet)

Berfungsi memancarkan bahan bakar ketika motor di gas penuh(tinggi)

8. Pemancar kecil/stationer(slow jet)

Berfungsi memancarkan bahan bakar waktu lamsam/stationer.

9. Sekrup gas/baut gas(trhottle screw)

Berfungsi menyetel posisi skep sebelum di gas.

10.Sekrup udara/baut udara(air screw)

Berfungsi mengatur banyaknya udara yang akan dicampur dengan bahan bakar,

11. Katup cuk(choke valve)

Berfungsi menutup udala luar yang akan masuk ke dalam karburator sehingga gas menjadi kaya, digunakan pada waktu start.

Cara kerja dari karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan. Saat mesin hidup, mesin mengisap udara luar masuk melalui karburator. Karena kecepatan udara yang memasuki spuyer kecil, maka tekanan udara di permukaan saluran masuk rendah. Sehingga bahan bakar yang memancar melalui spuyer kecil.campuran bahan bakar dan udara akan menghasilkan gas yang nantinya akan dibakar di dalam silinder
Kembali Ke Atas Go down
M_fazli_wayudi TKR1

M_fazli_wayudi TKR1


Jumlah posting : 14
Join date : 05.10.12
Age : 26

abdul halik XTKR2 Empty
PostSubyek: Re: abdul halik XTKR2   abdul halik XTKR2 Icon_minitimeSat Oct 27, 2012 5:30 pm

Kerusakan apa saja yang bisa terjadi di karburator ?
Kembali Ke Atas Go down
Abdul_Halik 10 TKR 2




Jumlah posting : 13
Join date : 22.09.12
Age : 29
Lokasi : kandangan

abdul halik XTKR2 Empty
PostSubyek: Abdul halik 10 tkr 2   abdul halik XTKR2 Icon_minitimeThu Nov 01, 2012 7:30 am


Permasalahan atau kerusakan pada sistem bahan bakar (karburator) harus diperiksa setiap waktu, karena untuk memastikan apakah sistem bahan bakar (karburator) bekerja dengan baik, apabila dalam sistem bahan bakar (karburator) terdapat sistem yang tidak berfungsi dengan baik maka kita harus mencari letak kerusakan/permasalahan sistem tersebut dan memperbaiki agar bias bekerja dengan baik. Kerusakan yang terjadi pada sistem bahan bakar (karburator) meliputi ruang pelampung dan pelampung karburator (float chamber) bila sering terjadi banjir dikarburator, memeriksa jarum katup pelampung (needle valve/floater valve) bila terjadi bengkok/tumpul, memeriksa katup gas/skep (throttle valve). Memeriksa jarum gas/jarum skep (jet needle), memeriksa pemancar jarum (main jet/needle jet) terjadi penyumabatan atau tidak. Memeriksa pemancar kecil/stasioner (slow jet/pilotjet) bila terjadi penyumabatan pada lubangnya maka lakukan pembersihan, apabila laju motor tersendat-sendat periksa sekerup penyetel udara (pilot air screw) dan bila sekerup penyetel gas (throttle screw set) terlalu kencang/longgar lakukan penyetelan dengan putaran 1,5 arah jarum jam bila kondisi karburator masih baik, seandainya kondisi karburator kurang baik biasanya penyetelannya dengan suara mesin yang stasioner.
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





abdul halik XTKR2 Empty
PostSubyek: Re: abdul halik XTKR2   abdul halik XTKR2 Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
abdul halik XTKR2
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Cara ganti oli motor
» K3K sosial (TKR 1)
» k3 yang berhubungan dengan bahan kimia
» Fungsi sistem transmisi
» abdul halik XTKR2

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: