Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 abdul halik XTKR2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Abdul_Halik 10 TKR 2



Jumlah posting : 13
Join date : 22.09.12
Age : 21
Lokasi : kandangan

PostSubyek: abdul halik XTKR2   Thu Oct 25, 2012 9:06 pm

BAGIAN-BAGIAN PENTING PADA MESIN MOTOR


-Silinder
pengertian silinder
Silinder adalah sebagai tempat pembakaran campuran bahan bakar dengan udara untuk mendapatkan tekanan dan tempratur yang tinggi.Akibat adanya tekanan tinggi dan gesekan-gesekan torak dinding silindernya maka pembuatan silinder itu harus dikerjakan dengan cara halus,teliti dan baik.
Pada umumnya silinder dibuat dari bahan baja tuang untuk mesin besar dan untuk mesin kecil terbuat dari bahan logam aluminium paduan yang dibagian dalamnya dipasangkan tabung dari bahan baja yaitu pada bagian tempat bergeraknya torak.

-Kepala silinder
Untuk menghindari terjadinya kebocoran gas terutama pada langkah kompresi maka pemasangan paking dan pengencangan baut untuk merapatkan kepala silinder terhadap silinder haruslah seteliti mungkin.

-Bak mesin
Bak mesin merupakan tempat silinder ,poros engkol .dan misi transmisi.Bak mesin umumnya dubuat dari bahan logam aluminium paduan.Pada jenis motor 2 langkah ,pada bak mesinnya terdapat saluran yang dihubungkan dengan karburator sebagai pemasukan bahan bakar.Pada motor 4 langkah,bak mesinnya juga merupakan tempat minyak plumas sekaligus pendingin minyak pelumas di dalam sirkulasinya.

-Torak
Torak atau piston mempunyai sifat
*Ringan,
*Pengantar panas yang baik,
*Pemuaian kecil,
*Tahan terhadap kehausan akibat gesekan,dan
*Kekuatan yang tinggi terutama pada temperatur tinggi.
Bentuk dari kepala torak umumnya rata,akan tetapi ada pula yang berbentuk cekung,cembung,kerucut terpancung,atau bentuk deflektor.

-Cincin torak
Fungsi cincin torak adalah untuk mempertahankan kerapatan antara torak dengan dinding silinder agar tidak ada kebocoran gas dari ruanga bakar ke dalam bak mesin.oleh karena itu ,cincin torak harus mempunyai kepegasan yang kuat dalam penekanan ke dinding silinder.
cincin torak juga berfungsi membantu pengontrolan lapisan minyak pelumas ke dinding selinder .cincin torak dibuat dari bahan besi tuang dan juga bisa dari bahan baja paduan dengan tambahan bahan-bahan lain sebagai lapisan pada bagian permukaan.
Fungsi cincin torak yakni cincin kompresi dan cincin pelumas.

-Pena torak
Pena torak berfungsi untuk mengikat torak terhadap batang penggerak dan juga berfungsi sebagai pemindah tenaga dari torak ke batang penggerak agar gerak bolak balik dari torak dapat diubah menjadi gerak berputar pada poros engkol.

-Batang penggerak
batang penggerak merupakan suatu batang yang menghubungkan torak dengan poros engkol,terdiri dari bagian-bagian yang dinamakan kepala kecil,tangkai,dan kepala besar.batang penggerak dibuat dari bahan baja atau besi tuang.

-Poros engkol
Poros engkol dibuat dari bahan baja,jenis poros engkol yang dipergunakan pada mesin sepeda motor adalah:
*Jenis “built up” digunakan pada motor jenis kecil yang mempunyai jumlah silinder satu atau dua
*jenis “one piece” digunakan pada motor jenis besar yang mempunyai jumlah silinder banyak.

-Roda gaya atau roda penerus
Pada mesin sepeda motor roda gila berfungsi sebagai rotor generator

-Katup
bagian-bagian dari unit katup terdiri dari katup masuk dan katup buang,pengantar katup ,pegas katup bagian luar,pegas katup bagian dalam,penahan ,penutup celah,dan ring dudukan pegas katup.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
abdul halik XTKR2
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: