Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 macam_macam transmisi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
rezky m



Jumlah posting : 1
Join date : 10.06.14

PostSubyek: macam_macam transmisi   Tue Jun 10, 2014 2:05 pm

Nama : M.rizki
Kelas : x tkr2
jurusan: teknik kendaraan ringan

Macam - macam Transmisi pada Mobil
Hai sahabat blogger kali ini saya akan membahas tentang macam - macam transmisi pada mobil.
Transmisi adalah komponen pada kendaraan yang mengubah tenaga dan kecepatan dari mesin agar disesuaikan dengan kebutuhan pengendaraan. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai macan - macam transmisi yang digunakan pada mobil. Banyak sekali macam - macam transmisi yang digunakan pada mobil , namun dapat digolongan menjadi berikut :

   Selective gear transmisi :

       sliding mesh type
       constant mesh type
       synchromesh type

   Planetary gear transmisi
   Automatic transmisi
       Fluid type
       Electric type

Penjelasan dari masing - masing macam tranmisi adalah sebagai berikut :


Selective gear transmisi :
Selective gear transmisi adalah transmisi yang proses perpindahan giginya dilakukan secara manual dengan tangan. Selective gear transmisi ini dibagi menjadi 3 jenis yaitu : sliding mesh type , constant mesh type , synchromesh type. Kentugan dari transmisi tipe ini adalah konstruksinya yang sederhana, biaya produksi pembuatannya juga rendah dan kerusakan yang terjadi pada transmisi tipe ini tidak sulit untuk ditangani. Namun kerugiannya adalah pengemudi harus melakukan perpindahan gigi terus menerus sesuai dengan keadaan jalanya kendaraan dan biasanya menimbulkan suara saat perpindahan  gigi tersebut.

   Sliding mesh type adalah transmisi yang proses perpindahan giginya dilakukan dengan cara menggerakkan gigi yang akan dihubungkan. Pada tipe ini gigi - gigi pada output shaft transmisi dirancang dapat meluncur dalam poros output shaft transmisi tersebut. Sementara gigi - gigi pada counter shaft transmisi tidak dapat meluncur alias menyatu dengan porosnya. Antara gigi output shaft dan gigi counter shaft tidak saling terkait atau berhubungan pada saat posisi netral. Pada saat masuk gigi barulah antara gigi tertentu dari  output shaft dengan  gigi counter shaft terdapat hubungan , namun hanya pada posisi gigi kecepatan gigi yang terjadi. Pada posisi percepatan yang lainnya gigi - gigi tertentu yang lainnya yang akan saling berhubungan.
   Constant mesh type adalah transmisi yang antara gigi - gigi output shaft dengan gigi counter shaftnya saling terkait atau selalu berhubungan. Namun antara gigi - gigi output shaft dengan poros output shaftnya tidak saling berhubungan alias gigi - gigi pada output shaftnya dapat berputar bebas pada poros output shaft transmisinya. Pada transmisi tipe ini dilengkapi gigi kopling . Gigi kopling inilah yang berhubungan atau terkait dengan poros output transmisi. Untuk proses perpindahan giginya dilakukan dengan cara menggeser gigi kopling ke gigi output shaft transmisi sesuai dengan kecaptan yang terjadi ( posisi gigi tertentu)
   Synchromesh type adalah transmisi yang bentuknya sama dengan tipe constant mesh type . Hanya saja pada tipe ini ditambahkan berupa syncromesh yang berguna untuk menyamakan kecepatan antara output shaft dan input shaft , sehingga perpindahan gigi dapat terjadi dengan halus. Pada tipe ini gigi kopling diganti dengan clutch hub dan sebuah synchromesh yang terkait dengan poros output shaft. Sementara gigi output shaft nya tidak terkait atau dapat berputar bebas terhadap poros output shaft transmisi. Jadi sebenarnya tipe ini adalah pengembangan dari tipe constant mesh type.

Planetary gear transmisi :
Transmisi tipe ini memiliki konstruksi yang berbeda dengan tipe selective gear transmisi. Pada tipe ini terdiri  atas sun gear, planetary  gear dan ring gear. Pengaturan percepatan  pada tipe ini adalah dengan mengatur hubungan antara ketiga komponen tersebut . Untuk cara kerjanya akan saya jelaskan nanti dalam postingan berikutnya. Tipe ini lah yang umum digunakan pada transmisi automatic.


Automatic transmisi
Transmisi tipe ini adalah tipe yang proses perpindahannya dilakukan secara otomatis sesuai dengan kecepatan kendaraan dan beban dari kendaran tersebut. Pada transmisi tipe ini pengemudi tidak terlalu banyak melakukan proses perpindahan gigi , karenanya pada tipe ini tidak dilengkapi dengan pedal kopling, sebab semua perpindahan gigi secara otomatis. Untuk transmisi yang proses perpindahan giginya dilakukan dengan minyak dinamakan tipe fluid type . Sementara untuk perpindahan gigi yang dilakukan oleh tenaga listrik dinamakan electric type.

Demikian penjelasan dari saya tentang macam - macam transmisi pada mobil, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
macam_macam transmisi
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: