Rem Cakram
May 19
General
clip_image002[7]
Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram ( piringan ) dengan pad ( balok rem ) :
Piringan cakram berputar clip_image001bersama – sama roda
Kaliper dan pad clip_image001terpasang pada aksel
1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )
clip_image002[9]
1.1. Cakram penuh
Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
Pendinginan cukup
Harga Murah
clip_image002[11]
1.2. Cakram dengan rusuk pendingin
Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
Pendinginan lebih baik
Harganya Mahal
2. Macam – Macam Kaliper
2.1. Kaliper tetap
clip_image002[13]
Kaliper terpasang mati pada aksel
Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin
Cara kerja
Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi
2.2. Kaliper Luncur Satu Torak
rem1
Cara kerja :
Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman
2.2. KaliperLluncur Dua Torak
rem1
Cara kerja :
Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip_image001[4] terjadi pengereman
2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 Keterangan :
Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem
3. Kaliper berayun
Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem
rem1
Konstruksi :
Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
Unit kaliper terpasang pada pusat putar
Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak
Cara kerja :
Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip_image001[4] unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip_image001[4] cakram terjepit clip_image001[4]terjadi pengereman
Penyetelan Rem Cakram
rem1
Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip_image001[4] gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip_image001[4] torak slip tehadap sil
Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )
rem1
Tekanan cairan rem hilang
Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm
Keterangan :
Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :
Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik
Pad ( Balok Rem )
Balok rem tanpa penunjuk keausan
clip_image002[21]
Pad dengan penunjuk keausan secara elektrik
clip_image002[23]
6. Perbandingan Antara Rem Cakram Dan Rem Tromol
Rem Tromol Rem Cakram
clip_image002[25]
Sifat
Rem Tromol
Rem Cakram
Gaya kerja
+ Memberikan kekuatan sendiri
Tidak memberi kekuatan sendiri
Pendinginan
- Kurang
Baik
Temperatur kerja
* Rendah
Tinggi
Keausan kanvas
+ Sedikit
Banyak
Cara menyetel
- Manual / setengah otomatis
Otomatis
Waktu yang diperlukan servis
- Lama
Cepat
Tempat yang perlu dan berat
* Lebih
Kurang
Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas ( + 6000 C )
Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas