Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin

 

 rem pada mobil

Go down 
PengirimMessage
selamad angga dio




Jumlah posting : 3
Join date : 07.02.14

rem pada mobil Empty
PostSubyek: rem pada mobil   rem pada mobil Icon_minitimeMon Jun 09, 2014 7:24 pm



Rem Cakram
May 19
General

clip_image002[7]

Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram ( piringan ) dengan pad ( balok rem ) :

Piringan cakram berputar clip_image001bersama – sama roda

Kaliper dan pad clip_image001terpasang pada aksel


1. Macam – Macam Cakram ( Piringan )

clip_image002[9]

1.1. Cakram penuh

Digunakan untuk mobil : Ukuran sedang dan Kecepatan menengah
Pendinginan cukup
Harga Murah

clip_image002[11]

1.2. Cakram dengan rusuk pendingin

Digunakan untuk mobil : Ukuran berat & Kecepatan tinggi
Pendinginan lebih baik
Harganya Mahal

2. Macam – Macam Kaliper

2.1. Kaliper tetap

clip_image002[13]

Kaliper terpasang mati pada aksel
Masing – masing sisi kaliper terdapat torak
Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja

Ketika pedal rem diinjak, tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram.
Ketika pedal rem dilepas, dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis
Dalam penggunaan memakai konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi

2.2. Kaliper Luncur Satu Torak

rem1

Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder clip_image001[4] unit silinder bergerak ke kanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
Balok rem 1 didorong ke kiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram cakramclip_image001[4] terjadi pengereman

2.2. KaliperLluncur Dua Torak

rem1

Cara kerja :

Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
Torak I bergerak ke kiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
Torak II bergerak ke kanan mendorong unit rangka luncur clip_image001[4]balok rem 2 terdesak ke arah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong ke kanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram clip_image001[4] terjadi pengereman

2.3. Komponen Rem Cakram Jenis Kaliper Luncur ( Contoh : TOYOTA )rem1 Keterangan :

Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem

3. Kaliper berayun

Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem

rem1

Konstruksi :

Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka.
Unit kaliper terpasang pada pusat putar
Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak

Cara kerja :

Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 ke arah permukaan gesek cakram
Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder clip_image001[4] unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, ke arah permukaan gesek cakram
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram clip_image001[4] cakram terjepit clip_image001[4]terjadi pengereman

Penyetelan Rem Cakram

rem1

Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas )
Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar clip_image001[4] gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil clip_image001[4] torak slip tehadap sil

Saat Pelepasan ( Pedal Rem Dilepas )

rem1

Tekanan cairan rem hilang
Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
Jalannya piston : 0,15 – 0,25 mm

Keterangan :

Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila :

Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik

Pad ( Balok Rem )

Balok rem tanpa penunjuk keausan

clip_image002[21]

Pad dengan penunjuk keausan secara elektrik

clip_image002[23]

6. Perbandingan Antara Rem Cakram Dan Rem Tromol

Rem Tromol Rem Cakram

clip_image002[25]

Sifat


Rem Tromol


Rem Cakram

Gaya kerja


+ Memberikan kekuatan sendiri


Tidak memberi kekuatan sendiri

Pendinginan


- Kurang


Baik

Temperatur kerja


* Rendah


Tinggi

Keausan kanvas


+ Sedikit


Banyak

Cara menyetel


- Manual / setengah otomatis


Otomatis

Waktu yang diperlukan servis


- Lama


Cepat

Tempat yang perlu dan berat


* Lebih


Kurang

Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas ( + 6000 C )
Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas
Kembali Ke Atas Go down
 
rem pada mobil
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» KOPLING PADA MOBIL
» sistem pendingin pada mobil
» Sistem Pengapian Pada Mobil
» REM TROMOL PADA MOBIL (FAISAL)
» Sistem Kopling Manual Pada Mobil

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: