Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 motor bakar diesel

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Akhmad_supiani Tkr1



Jumlah posting : 6
Join date : 11.02.14

PostSubyek: motor bakar diesel   Tue May 06, 2014 6:31 pm

Motor bakar diesel yang berbeda dengan motor bakar bensin proses penyalaannya bukan dengan loncatan bunga api listrik. Pada langkah isap hanyalah udara segar yang masuk kedalam silinder. Pada waktu torak hampir mencapai TMA bahan bakar disemprotkan kedalam  silinder. Terjadilah penyalaanan untuk pembakaran, karena pada saat udara masuk kedalam silinder tekanan dan temperaturnya sudah tinggi.
Pada motor diesel hanya jumlah bahan bakar yang diinjeksikan yang diatur dan disesuaikan dengan beban, tetapi jumlah pemasukan udara tetap. Disini perbandingan campuran udara dan bahan bakar dapat berbeda-beda tetapi penyalaan tetap terjadi dan tidak tergantung dari perbandingan campuran.

Komponen-komponen mesin yang terdapat pada motor bakar adalah sebagai berikut :
1.    Torak (piston)
Torak adalah komponen yang meneruskan tenaga dari hasil pembakaran menjadi tenaga mekanik . Pada umumnya torak/piston dibuat dari paduan aluminium, selain lebih ringan,radiasi panasnya juga lebih efisien dibanding dengan materi lainnya.
2.    Batang Torak (piston)
Komponen penghubung torak dan poros engkol .
3.    Pena Torak (piston)
Pena torak ( piston pin) menghubungkan torak dengan bagian ujung yang kecil (small end) pada batang torak. Pena torak berlubang didalamnya untuk mengurangi berat yang berlebihan dan kedua ujung ditahan oleh bushing pena torak ( piston pin boss ) .
4.    Ring  Torak (ring)
Pegas torak (ring piston) di pasang dalam alur ring (ring groove) pada torak. Pegas torak memiliki 3 peranan penting :
a. Pegas kompersi (compression ring) berfungsi untuk mencegah kebocoran campuran udara dan bensin, dan gas pembakaran dari ruang bakar ke bak engkol selama langkah kompersi usaha.
b. Pegas pengontrol oli (oil control ring) diperlukan untuk membentuk lapisan oli (oil film) antara torak dan dinding silinder.Selain itu juga untuk mengikis kelebihan oli untuk masuknya oli kedalam ruang bakar.
c. Celah ujung pegas diperlukan untuk memindahkan panas dari torak ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan torak.
5.    Poros Engkol
Komponen yang berfungsi untuk merubah gerak naik turun piston menjadi gerak putar.  
6.    Blok Silinder
Blok silinder merupakan inti dari pada mesin, yang terbuat dari besi tuang. Blok silinder merupakan tempat bergeraknya piston/torak dalam pembakaran bahan bakar, dan tenaga panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar diubah kedalam tenaga mekanik dengan adanya gerak naik-turun torak dalam silinder.
7.    Kepala Silinder
Kepala silinder (cylinder head) di tempatkan dibagian atas blok silinder. Pada bagian bawah kepala silinder terdapat ruang bakar dan katup-katup.


[Only admins are allowed to see this link] infobursa otomotif.blogspot.com/2012/02/komponen-komponen-motor-bakar-diesel.html
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
motor bakar diesel
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Berapa standard perbandingan bahan bakar ninja 250?
» Poles Motor di Glare Automall
» (WTA) Knalpot keluar asap waktu motor langsam
» Ducati Monster 696
» Asking membuka toko variasi motor

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: