Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel

Forum bagi seluruh keluarga besar SMKN 2 Kandangan maupun orang lain, untuk buat thread, posting artikel gambar video, diskusi tentang sekolah, teknologi dan hal-hal lainnya yang baik
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 K0MPONEN KOPLING

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
andri



Jumlah posting : 9
Join date : 29.09.12

PostSubyek: K0MPONEN KOPLING   Thu Aug 29, 2013 3:53 pm

Komponen Kopling Mobil


Setelah mengenal macam – macam kopling mobil, maka saya akan menjelaskan komponen – komponen utama dari kopling mobil. Dengan mengenal komponen – komponen ini, maka anda akan lebih mudah untuk mempelajari cara kerja dari kopling mobil. Untuk komponen – komponen dari kopling mobil adalah :

1. clutch cover
Atau dikenal juga dengan istilah rumah kopling. Rumah kopling adalah bagian kopling yang dipasangkan ke flywheel ( roda gila ) dengan cara dibaut. Didalam rumah kopling terdapat bagian lainnya yaitu pelat tekan dan pegas kopling. Pegas kopling inilah yang pernah saya jelaskan dalam macam – macam kopling mobil. Pelat tekan adalah komponen yang menekan kampas kopling , agar menempel ke flywheel. Jadi pelat tekan bersama – sama flywheel menjepit kampas kopling. Sedangkan untuk gaya penekanan ini didapat dari tenaga pegas kopling .

2. kampas kopling
Kampas kopling adalah komponen yang menerima putaran dari flywheel, untuk diteruskan ke input shaft dari transmisi. Kampas kopling dibuat dari bahan khusus agar tahan terhadap kejutan atau gesekan.

3. release fork
Nama lainnya adalah garpu pembebas. Komponen ini terpasang pada rumah dari transmisi. Ia bekerja berdasarkan tarikan dari kabel kopling. Jadi ketika kabel kopling tertarik, maka release fork akan mendorong release bearing untuk melakukan pemutusan putaran dari mesin.

4. Release bearing
Seperti telah dijelaskan di atas, maka release bearing menerima tekanan dari release fork untuk melakukan pemutusan putaran dari mesin. Letak dari release bearing berada di antara pegas kopling dan release fork. Release bearing adalah klaher atau bearing yang akan ditekan saat bekerja. Maka itu jenis klaher dari release bearing harus tahan terhadap tekanan. Selain tahan terhadap tekanan, klaher ini harus mampu tetap berputar dengan lembut saat ditekan.

5. Kabel Kopling
Sama seperti kabel kopling umumnya, konstruksi terbuat dari seling dan diselubung dengan selonsong besi. Kabel kopling menerima tarikan dari pedal kopling untuk mengoperasikan release fork. Untuk itu kabel kopling harus kuat dari tegangan tarik. Selain kuat kabel kopling harus dapat bergerak dengan lancar dan bebas di dalam selongsongnya.

6. Pedal kopling
Pedal kopling yang dioperasikan oleh kaki pengemudi. Pedal kopling ini berada di dalam kabin, yaitu di dekat setir mobil. Pedal kopling inilah yang menerima penekanan langsung dari kaki pengemudi, bila ia melakukan perpindahan gigi atau melakukan pengereman. Letaknya berada di bagian paling kiri , dari antara 3 pedal yang ada di dekat kursi pengemudi ( di bawah setir ).

Demikianlah komponen utama kopling yang digunakan pada mobil. Kopling yang dibahas adalah kopling manual.


[Only admins are allowed to see this link]
Cool 
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
 
K0MPONEN KOPLING
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Kopling hidrolik utk ninja 250
» ASK.. URGENT ganti stang bikin kabel kopling ketarik
» kabel kopling putus
» JUAL MASTER REM BREMBO RCS 19 + SET KOPLING ZETA 2ND
» Tanya kabel kopling yg kuat

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum SMKN 2 Kandangan - Kal-Sel :: Otomotif :: Artikel-
Navigasi: